Ini Penjelasan Tujuh Pilar dalam Nata Purwakarta yang Diusung Ivan Kuntara

Tatang Budimansyah
Bakal calon Bupati Purwakarta Ivan Kuntara memaparkan tujuh pilar yang tertuang dalam Nata Purwakarta. foto: iNewsPurwakarta.id/tatang budimansyah

PURWAKARTA, iNewsPurwakarta.id – Bakal Calon Bupati Purwakarta Ivan Kuntara akan menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat Purwakarta melalui agroindustri, pariwisata, hilirisasi produk lokal, pemberdayaan dan dukungan UMKM, ekonomi kreatif, dan segala upaya menuju green economy.

Hal itu diungkapkannya di hadapan jajaran pengurus, ratusan kader dan simpatisan PPP dalam acara konsolidasi dan sosialisasi di Café Yokasawah, Citalang Purwakarta, Minggu (23/6/2024) sore.  

Dikatakan Ivan, lebih dari separuh permasalahan Purwakarta adalah soal ekonomi. Pengangguran dan kesempatan kerja menjadi permasalahan paling utama di Purwakarta, disusul masalah kenaikan harga kebutuhan pokok.

Konsep di bidang ekonomi tersebut, merupakan salah satu dari tujuh pilar yang tertuang dalam tagline Nata Purwakarta yang diusung Ivan Kuntara. 

Selain Nata Ekonomi, ada enam pilar lainnya. Dalam Nata Kesehatan, Ivan memandang Purwakarta masih belum mencapai pemenuhan hak warganya untuk hidup sehat. 

“Kami bertekad untuk bisa hadir memenuhi hak kesehatan warga Purwakarta, mengatur jaminan kesehatan yang berkeadilan, pemerataan faskes dan meningkatkan layanan, juga proaktif dalam tindakan prefentif. Sehingga warga yang sakit tidak perlu lagi berobat dari ujung ke ujung untuk mendapatkan pertolongan,” ujarnya.

Dalam Nata Pendidikan, dikatakan Ivan bahwa latar belakang pendidikan masyarakat Purwakarta masih. Sebanyak 44,4 persen lulusan SD dan tidak sekolah, dan 21,6 persen lulusan SLTP. 

“Hanya 6 persen yang level pendidikan tinggi. Ditambah dengan banyaknya pendidikan moral yang mulai hilang perlahan, akhlaqul karimah mulai asing bagi anak-anak generasi masa kini,” tuturnya.
    
“Fokus pembenahannya akan didasarkan pada kebutuhan penataan kurikulum, khususnya pendidikan karakter, link and match pendidikan dengan industri. 

“Kesejahteraan guru termasuk guru ngaji, pemerataan fasilitas pendidikan, serta dukungan bantuan pendidikan baik materiil (beasiswa) dan non materiil (bimbingan). Hingga output-nya menjadi manusia dengan kualitas yang unggul, berkarakter, dan berprestasi di kancah nasional dan internasional,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ivan juga memaparkan tentang pentingnya Nata Lingkungan, Nata Infrastruktur, Nata Budaya, dan Nata Prestasi.***

Editor : Iwan Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network