get app
inews
Aa
Read Next : Pergerakan Tanah, 4 Rumah Rusak dan Jalan Penghubung 2 Kecamatan di Purwakarta Tertutup

Awas Ciri-ciri Penyakit Jantung, Jangan Sepelekan Jika Ada Rasa Sakit di Dada

Jum'at, 09 September 2022 | 17:02 WIB
header img
4 ciri-ciri penyakit jantung, waspada gejala ini (Foto: Timesofindia)

PURWAKARTA, iNewsPurwakarta.id - Ada sejumlah ciri-ciri penyakit jantung yang perlu diwaspadai. Sebagaimana diketahui, penyakit jantung merupakan salah satu penyakit tak menular (PTM) yang paling berbahaya dan bisa menimbulkan kematian.

Di lain sisi, penyakit jantung ini cenderung umum dialami masyarakat Indonesia. Menurut Kementerian Kesehatan, penyakit jantung koroner (PJK) menjadi penyebab kematian tertinggi pada semua umur setelah stroke, yakni sebesar 12,9 persen pada tahun 2017.

Menjadi salah satu penyebab kematian, Anda perlu mengetahui ciri-ciri penyakit jantung yang patut diwaspadai. Sebab, penanganan yang fatal dapat menyebabkan komplikasi serius hingga kematian.

Lantas, bagaimana ciri-ciri penyakit jantung yang perlu diwaspadai? Berikut informasinya seperti dirangkum pada Jumat (9/9/2022). 

Ciri-ciri penyakit jantung

Secara umum, sebelum memiliki penyakit jantung, pasien bisa mengalami serangan jantung. Anda perlu memahami gejala-gejala berikut ini; 

1. Ada rasa sakit atau ketidaknyamanan di tengah dada

2. Rasa sakit atau ketidaknyamanan di lengan, bahu kiri, siku, rahang, atau punggung.

Sehubungan dengan ini, ciri-ciri penyakit jantung bisa berbeda bagi pria dan perempuan. Bagi perempuan, cenderung memiliki gejala seperti ketidaknyamanan dada, sesak napas, mual dan kelelahan ekstrem.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Purwakarta di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut