get app
inews
Aa Read Next : Tanamkan Disiplin Lalulintas Sejak Dini, Polwan Purwakarta Gelar Police Goes To School

Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, Pemkab Purwakarta Gelar Latihan Evakuasi dan Siaga Bencana

Kamis, 08 Desember 2022 | 19:17 WIB
header img
Pemkab Purwakarta gelar latihan evakuasi dan kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi. Foto : Istimewa

PURWAKARTA, iNewsPurwakarta.id - Curah hujan yang terus meningkat dan bencana alam terjadi di mana-mana di wilayah Indonesia, membuat Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, melakukan antisipasi kesiapsiagaan bencana, Kamis (8/12/2022) siang. 

Ratusan personil dari berbagai unsur di siapkan beserta alat taktisnya. Pelatihan hingga simulasi evakuasi korban bencana pun secara massif digelar. 

"Hal ini dilakukan untuk memastikan kesiapsiagaan bencana, mengingat prediksi hujan yang masih tinggi hingga awal tahun 2023 atau bencana hidrometeorologi," kata Seka Kabupaten Purwakarta, Norman Nugraha, Kamis (8/12/2022). 

Norman melanjutkan, Purwakarta di kepung tiga sesar yakni Sesar Lembang,  Sesar Balibis dan Sesar Cimandiri, serta adanya sungai Citarum, menjadikan Purwakarta harus lebih konsen dan waspada terhadap bencana hidrometeorologi atau bencana lainnya. 

"Ratusan personil gabungan disiapkan beserta alat taktisnya. Bahkan 15 dari 17 kecamatan yang ada sudah dibentuk relawan desa tangguh bencana dengan dibekali pelatihan dan simulasi," ungkap Norman. 

Hal itu dilakukan, sambung Norman, untuk bisa melakukan pertolongan awal di saat terjadi bencana sesuai SOP yang ada. 

Meski demikian, kata Norman, Kabupaten Purwakarta sampai saat ini masih aman dan tidak ada kejadian yang mengkhawatirkan. "Untuk itu, kami berharap warga tidak panik dan tetap waspada," ujar Norman

Editor : Iwan Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut