get app
inews
Aa Read Next : Tanamkan Disiplin Lalulintas Sejak Dini, Polwan Purwakarta Gelar Police Goes To School

Jelang Ramadhan Polres Purwakarta Gelar Operasi Knalpot Brong, Puluhan Sepeda Motor Terjaring

Minggu, 19 Maret 2023 | 15:13 WIB
header img
Polres Purwakarta gelar operasi knalpot brong. Foto: Dok Polres Purwakarta

PURWAKARTA, iNewsPurwakarta.id - Jelang Ramadhan, Polres Purwakarta, Jawa Barat, gelar operasi knalpot racing atau brong, di wilayah Purwakarta kota. Dalam operasi tersebut puluhan sepeda motor terjaring.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan, kegiatan riksus knalpot brong dilakukan saat KRYD ini menindaklanjuti keluhan masyarakat. Selain itu dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

 “Operasi knalpot brong ini dilaksanakan juga atas laporan masyarakat yang merasa terganggu dengan adanya suara bising dari knalpot brong,” ucap pria yang akrab disapa Edwar itu, Minggu (19/3/2023).

Menurutnya, knalpot brong ini selain melanggar aturan lalu lintas juga dinilai dapat mengganggu kenyamanan. Selain itu, sangat rentan menjadi salah satu faktor penyebab gesekan baik antar pengguna jalan maupun dengan masyarakat sekitar. 

Pengendara yang terjaring riksus knalpot bising ini, kata Edwar, selanjutnya kendaraannya akan langsung diamankan untuk proses lebih lanjut.

"Kami beri tindakan kepada pengendara yang menggunakan knalpot bising atau brong. Kami juga beri sanksi dengan menggunakan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mobile atau tilang elektronik berbasis ponsel serta langsung diminta diganti knalpot standar. Sedangkan yang tidak di lengkapi surat di berikan Surat Tanda Penerima (STP) dari Reskrim," jelas Edwar.

Kapolres menegaskan kegiatan tersebut akan dilakukan Polres Purwakarta serta Polsek jajara secara rutin. Tujuannya, tidak ada lagi pengendara roda dua yang menggunakan knalpot brong demi kenyamanan masyarakat.

“Kita akan lakukan kegiatan ini secara terus menerus sampai kita anggap cukup dan tidak ada lagi pengendara yang menggunakan knalpot bising di Kabupaten Purwakarta,” ungkapnya.

Edwar mengimbau kepada masyarakat, untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan menggunakan knalpot standar.

“Karena memang cukup banyak keluhan yang diterima oleh kami terkait masalah knalpot bising ini yang mana mengganggu kenyamanan masyarakat saat beristirahat dan beribadah juga,” tutur AKBP Edwar Zulkarnain.(*)

 

Editor : Iwan Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut