get app
inews
Aa Read Next : Tanamkan Disiplin Lalulintas Sejak Dini, Polwan Purwakarta Gelar Police Goes To School

Hendak Tawuran, Belasan Pelajar SMP di Purwakarta Diamankan Polisi

Rabu, 04 Oktober 2023 | 15:57 WIB
header img
Hendak tawuran, belasan pelajar diamankan di Mapolsek Darangdan, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat. (Foto: Dok Polres Purwakarta)

PURWAKARTA, iNewsPurwakarta.id - Diduga hendak tawuran, 13 pelajar SMP asal Kecamatan Darangdan, Purwakarta, diamankan polisi dari Polsek Darangdan, Polres Purwakarta. 

Ke 13 pelajar tersebut diamankan ketika sedang berkumpul di tugu perbatasan Purwakarta - Bandung Barat, tepatnya di Kampung Sukarapih, Desa Sawit, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Selasa (3/10/2023).

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan, sekitar pukul 16.30 WIB, Polsek Darangdan mendapatkan laporan dari masyarakat adanya sejumlah pelajar yang diduga hendak tawuran.

Pihak Polsek Darangdan langsung turun ke lokasi. Dan, menemukan segerombolan pelajar SMP asal Kecamatan Darangdan tengah berkumpul. 

"Diduga para pelajar ini hendak tawuran dengan pelajar asal Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat," ucap Edwar kepada wartawan di Mapolres Purwakarta, Rabu (4/10/2023). 

Kapolres melanjutkan, kemudian personel Polsek Darangdan mengamankan 13 pelajar di lokasi tersebut. 

Selain itu, personel Polsek Darangdan juga mengamankan senjata tajam jenis parang yang dibawa para pelajar tersebut diduga akan digunakan untuk tawuran.

"Senjata tajam yang diamankan anggota Polsek Darangdan berupa 2 bilah parang panjang, sebilah parang pendek, sebuah gawai sebagai alat komunikasi dan satu unit motor honda Vario," jelas Edwar. 

Kapolres mengungkapkan, rencana tawuran itu bermula dari isi chat balasan di media sosial instagram dari pelajar asal Kecamatan Cikalongwetan. Yakni, mengajak untuk tawuran dengan sandi R.

"Chat di Instagram tersebut direspon oleh pelajar dari Kecamatan Darangdan. Kemudian rencana aksi para pelajar tersebut diketahui oleh warga di sekitar lokasi kejadian. Saat itu, personel Polsek Darangdan yang sedang melaksanakan Patroli langsung melakukan aksi pencegahan rencana tawuran tersebut," jelas Edwar. 

Edwar menambahkan, dengan adanya indikasi bahwa mereka membawa senjata tajam berupa parang, bisa diindikasikan mereka bersiap untuk tawuran dengan pelajar lain. 

"Saat ini mereka sudah kita amankan di Mapolsek Darangdan, pelajar yang hendak melakukan aksi tawuran tengah dilakukan pembinaan dan kami sudah memanggil orang tuanya dan juga Kepala Sekolah,” tutur Edwar. 

Terkait kejadian tersebut, Edwar meminta kepada pihak sekolah untuk melakukan pembinaan maksimal kepada pelajarnya. Hal ini dilakukan agar para pelajar bertindak positif dalam menjalankan pendidikan. Selain itu, orang tua juga untuk melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya.

“Mereka ini adalah generasi penerus bangsa yang nantinya akan menggantikan kita sebagai pemimpin. Jadi apabila mereka tidak kita jaga dengan baik maka generasi muda kita akan hancur dimasa depan,” ucap AKBP Edwar Zulkarnain. (**)

 

Editor : Iwan Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut