get app
inews
Aa Read Next : Tanamkan Disiplin Lalulintas Sejak Dini, Polwan Purwakarta Gelar Police Goes To School

Sambut HUT RI ke-77, Pemilik Kedai Buat Serabi Jumbo Tiga Tingkat Merah Putih

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:18 WIB
header img
Serabi jumbo tiga tingkat merah putih kado dari pemilik kedai Surabi Gapura di Purwakarta.(Foto: iNews.id/Irwan)

PURWAKARTA, iNews.id - Banyak cara dilakukan warga dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI Ke-77. 

Seperti yang dilakukan Dyan (45), pemilik kedai Surabi Gapura di Kampung Cikopak, Desa Mulyamekar, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ini. Dia mempersembahkan sebuah kado istimewa dengan membuat kue serabi berukuran jumbo (besar) tiga tingkat yang dilumuri pasta merah putih. 

Serabi (Surabi) jumbo tiga tingkat merah putih yang dibuat Dyan ini berukuran, yang paling bawah panjangnya 30 centimeter dengan tebal 5 centimeter. Untuk yang kedua panjang 20 centimeter dan yang terakhir atau ketiga panjangnya 10 centimeter. 

Untuk membuat surabi tersebut, Dyan pada hari Senin (15/8/2022) ini sengaja tidak melayani pelanggan. Dia khusus membuat kado istimewa bagi negeri tercinta yang akan merayakan HUT Kemerdekaan ke-77 ini. 

Sementara untuk membuat serabi khusus ini, Dyan menyediakan tepung beras sebanyak 1 kilogram. Kelapa muda dan air putih secukupnya. Kemudian dibuat adonan. 

Selanjutnya adonan dituang ke loyang keramik yang sudah dipasarkan. 

Untuk proses pembuatannya menurut Dyan, tak semudah membuat surabi biasa. Karena selain membutuhkan suhu panggang di atas 120 derajat celcius juga membutuhkan waktu sekitar 1 jam. 

"Membuat surabi berukuran besar ini agak susah. Waktunya lama, sekitar 1 jam. Suhunya juga harus panas, di atas 120 derajat celcius," 

Editor : Iwan Setiawan

Follow Berita iNews Purwakarta di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut