Cegah DBD, TNI dan Warga Maniis Ramai-ramai Bersihkan Got

Deni Yusuf
.
Minggu, 02 Oktober 2022 | 05:52 WIB
Anggota TNI, aparat desa dan warga gotong royong bersihkan sampah di Desa Cijati, Kecamatan Maniis, Purwakarta. Foto: iNewsPurwakarta/Deni Yusuf

PURWAKARTA iNews.id - Jelang musim hujan, anggota TNI dari Pos Maniis dan Koramil 1902 Plered bersama warga bergotong royong membersihkan sampah di lingkungan Desa Cijati, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (1/10/2022).

Gotong royong ini difokuskan di sepanjang jalan Pertigaan Cibanggala dari RT 013 hingga RT 07. Anggota TNI dan warga membersihka saluran air pinggir jalan tersebut dari sampah

Selain itu, rumput dan ilalang yang tumbuh di lokasi tersebut juga dibersihkan.

"Dengan tidak adanya sampah dan rumput, jika turun hujan air di saluran air ini mengalir lancar ke hilir. Sehingga tidak ada kubangan air yang biasa dijadikan tempat berkembang biaknya nyamuk," ucap Babinsa Desa Cijati Serda Yodi Firmansyah.

Dengan demikian, sambung Yodi, warga desa ini bisa terhindar dari penyakit DBD yang berasal dari gigitan nyamuk tersebut.

"Selain itu, pengguna jalan juga akan merasa nyaman saat melintas jalan ini. Karena, saluran airnya bersih dari sampah dan rumput di pinggir jalan juga tertata rapi," ucapnya.

Yodi juga menyebut kegiatan gotong-royong ini selain untuk membentuk lingkungan desa bersih dan asri, juga untuk menjalin silaturahmi dan memupuk rasa kebersamaan antara Babinsa dengan aparat desa dan warga.

"Terciptanya hubungan yang baik antara Babinsa dengan aparat desa dan warga merupakan metode Pembinaan Teritorial. Dimana sangat penting menjaga komunikasi dan hubungan yang harmonis antara TNI dengan rakyat,” ujarnya.

Sementara unsur TNI yang hadir dalam kegiatan gotong royong ini selain Babinsa Desa Cijati, Serda Yodi Firmansyah juga Dan Pos Maniis Pelda Andi.

Sedangkan dari aparat Desa Cijati, Kadus 03 Muhamad Solehudin bersama Ketua RW dan Ketua RT serta warga RT 013 Desa Cijati.

 

 

 

Editor : Iwan Setiawan
Bagikan Artikel Ini