get app
inews
Aa Read Next : Tanamkan Disiplin Lalulintas Sejak Dini, Polwan Purwakarta Gelar Police Goes To School

Pasokan Kurang, Harga Beras di Purwakarta Melambung

Senin, 14 November 2022 | 11:38 WIB
header img
Harga beras di Pasar Rebo Purwakarta naik sejak dua pekan terakhir. Foto : iNewsPurwakarta.id/Irwan

PURWAKARTA, iNewsPurwakarta.id - Harga beras di pasar tradisional Pasar Rebo Purwakarta, Jawa Barat, kembali mengalami kenaikan dalam dua pekan teekahir, Senin (14/11/2022). 

Pantauan di lapangan, beras berbagai kualitas naik dikisaran Rp500 hingga Rp1000, perkilogram. Akibatnya, saat ini tidak ditemukan beras murah yang layak konsumsi harganya di bawah Rp10 ribu perkilogram. 

Harga beras medium, yang sebelumnya dijual dengan harga Rp10.500 perkiligram, naik menjadi Rp11 ribu perkilogram. Sementara beras kualitas bagus (premium) naik dari Rp11.500 menjadi Rp12.500 perkilogram. 

Menurut para pedagang, melambungnya harga beras lebih disebabkan pasokan yang turun, akibat petani yang baru memulai musim tanam. Selain itu akibat banyak petani yang menjual beras ke pemerintah untuk bantuan sosial. 

"Harga beras terus naik ya. Selain baru usai panen dan sekarang lagi musim tanam, bansos juga mempengaruhi. Ya, banyak petani yang jual berasnya ke luar, ke pemerintah untuk bansos, bukan ke distributor yang biasa suplai ke pasar," ujar Maman, pedagang beras. 

Editor : Iwan Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut