get app
inews
Aa Read Next : Bakal Calon Bupati Purwakarta Ivan Kuntara Akan Merilis Hotline. Ini Tujuannya

[OPINI]: Purwakarta, antara Gerakan Perubahan dengan Status Quo

Rabu, 02 Agustus 2023 | 19:42 WIB
header img

Oleh: Tatang Budimansyah*

MARI kita ibaratkan Kabupaten Purwakarta sebagai paras seorang perempuan. Apakah dia cantik, biasa saja, atau malah buruk rupa. Sudah menjadi bahasa umum bahwa kecantikan adalah sesuatu yang nisbi. Tergantung dari siapa yang memandang, suasana yang berkecamuk dalam batinnya, dan persepsi yang terbentuk di benaknya.

Ya, nisbi. Karena setiap orang memiliki suasana batin dan persepsi yang berbeda-beda. Sangat menarik ketika kenisbian ini bercampur baur dengan subyektifitas dalam memandang Purwakarta.

Yang menjadi ‘tukang rias’ wajah Purwakarta adalah kepada daerah alias bupati, dibantu perangkat yang ada di bawahnya. Cantik atau buruk wajah Purwakarta, tergantung kepiawaiannya dalam merias. 

Tapi secantik apapun parasnya, tetaplah jelek bagi pihak yang tak menyukainya. Sebaliknya, seburuk apa pun wajah Purwakarta, sekalipun tak didandani, pastilah dipandang sebagai sebuah kecantikan yang luar biasa. Lagi-lagi, Kembali ke soal bahasa umum bahwa kecantikan itu nisbi. Terlebih dibumbui dengan pandangan yang subyektif.

Editor : Iwan Setiawan

Follow Berita iNews Purwakarta di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut