get app
inews
Aa Read Next : Tanamkan Disiplin Lalulintas Sejak Dini, Polwan Purwakarta Gelar Police Goes To School

Jasa Tirta II Pastikan Tampungan Bendungan Ir. H. Djuanda Dalam Batas Aman Jelang Lebaran 2024

Minggu, 07 April 2024 | 23:58 WIB
header img
Waduk H. Djuanda Jatiluhur. Foto: Istimewa

PURWAKARTA, iNewsPurwakarta.id - Jelang libur lebaran 1445 H, Jasa Tirta II memastikan tampungan Bendungan Ir. H. Djuanda masih dalam batas aman bagi daerah hilir sungai Citarum mulai dari Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bekasi. Hal ini mengingat pada lebaran kali ini memasuki musim hujan. 

Saat ini kondisi tinggi muka air (TMA) Bendungan Ir. H. Djuanda pada tanggal 05 April 2024 pukul 07:00 berada di elevasi 103,56 mdpl dari batas elevasi limpas 107 mdpl dengan tampungan air sebesar *2.171,75* juta m3. Dengan kondisi tersebut, masih tersedia tampungan air sebesar *276,09* Juta m3 dari total kapasitas tampungan Waduk Jatiluhur *2.447,84* juta m3.

Hal ini merupakan komitmen Jasa Tirta II untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan mengelola pemanfaatan air di Bendungan Ir. H. Djuanda untuk kebutuhan irigasi, air baku, PLTA dan pengendali banjir. 

“Kami menjamin pengaturan air di sungai, Bendung dan Bendungan untuk irigasi dan air baku tetap beroperasi normal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,”ujar Direktur Operasi dan Pemeliharaan Jasa Tirta II Anton Mardiyono. 

Jasa Tirta II juga akan mengoptimalkan pola operasi PLTA Ir. H. Djuanda untuk mengelola tampungan air waduk Ir. H. Djuanda (Jatiluhur) tidak melebihi elevasi 107 mdpl (elevasi spillway). Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya menghindari aliran di hilir Waduk Ir. H. Djuanda (Jatiluhur) melebihi kapasitas sungai Citarum hilir.

Editor : Iwan Setiawan

Follow Berita iNews Purwakarta di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut