get app
inews
Aa Read Next : Bawaslu Ingatkan KPU Purwakarta Soal Penyusunan DPS Pilkada Serentak 2024

Hadapi Pilkada Serentak 2024, Ini Obsesi Ketua DPP Apdesi

Senin, 14 Oktober 2024 | 11:43 WIB
header img
Ketua DPP Apdesi Anwar Sadat berharap para pimpinan daerah hasil Pilkada serentak 2024 memfokuskan programnya di desa. foto: dokumentasi pribadi

PURWAKARTA, inewsPurwakarta.id – Para gubernur, walikota, dan bupati terpilih hasil Pilkada serentak 2024, harus menjadikan desa menjadi sasaran skala prioritas pembangunan dalam lima tahun ke depan.

Sebab, posisi desa mendominasi secara populasi, potensi alam dan geografis yang bisa mempresentasikan maju dan mundurnya sebuah wilayah provinsi dan kabupaten. 

Demkian diungkapkan Anwar Sadat, Ketua DPP Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) menanggapi Pilkada serentak 2024.

Dikatakan Anwar, pembangunan yang dimaksud, yakni mencakup sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi, pemberdayaan masyarakat dan sosial.

Dia mengatakan, sudah saatnya desa diberikan pengawalan dan pendampingan yang serius. Tujuannya, agar tercipta rasa keadilan dan kesejahteraan yang sesungguhnya tanpa menghilangkan karakteristik masyarakat pedesaan dengan segala potensinya. 

“Desa harus menjadi kekuatan, baik secara ekonomi, sosial dan budaya. Desa harus berdaulat dari sisi penguasaan tanah dan sumberdaya alamnya agar tetap terjaga dari eksploitasi alam dan kepentingan orang-orang kapitalis,” ujar Anwar, Senin (14/10/2024). 

Editor : Iwan Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut