get app
inews
Aa Read Next : Tanamkan Disiplin Lalulintas Sejak Dini, Polwan Purwakarta Gelar Police Goes To School

Suguhkan Alam yang Exotis, Wisata Alam Tanjung Putri jadi Destinasi baru di Purwakarta

Sabtu, 26 Maret 2022 | 20:01 WIB
header img
Menikmati Sunset di Tempat Wisata Tanjung Putri Sukasari Purwakarta. (Foto : Istimewa)

PURWAKARTA, iNews.id - Tempat wisata alam Tanjung Putri, menjadi salah satu destinasi wisata pilihan yang ada di ujung barat wilayah Kabupten Purwakarta, Jawa Barat.

Dengan menyuguhkan keindahan alam yang begitu eksotis, Tanjung Putri yang tepatnya berlokasi di Kampung Cilipa, Desa Sukasari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta ini, wisatawan dapat menyaksikan pesona matahari terbit maupun tenggelam yang begitu menawan dengan view Gunung Parang, Gunung Bongkok, dan Gunung Lembu dibalut membentangnya Danau Jatiluhur.


Menikmati Sunset di Tempat Wisata Tanjung Putri Sukasari Purwakarta

Kepala Desa Sukasari, Cece Syaripudin mengatakan, dengan view danau Jatilihur yang luas, rumput hijau, dan barisan pegunungan mengantarkan Tanjung Putri sebagai destinasi wisata yang cocok untuk melepas penat.

"Pengembangan dunia pariwisata ini cukup berdasar, pasalnya Desa Sukasari memiliki potensi berlimpah mulai dari keindahan alam hingga budaya. Hembusan angin terasa sejuk dan menenangkan menambah kenyamanan selama berada di Tanjung Putri," ungkap Cece, di tempat wisata Tanjung Putri, Sabtu (26/3/2022).

Saat ini, kata dia, Tanjung Putri ini tengah didorong menjadi salah satu tempat wisata di Kecamatan Sukasari dengan menyiapkan fasilitas penunjang yang mampu menarik pengunjung untuk berwisata secara nyaman dan aman.

"Ini tentu akan memperkaya destinasi wisata di Kabupaten Purwakarta, Khususnya di Kecamatan Sukasari. Semoga menjadi destinasi wisata yang membanggakan masyarakat Purwakarta. Selain itu, menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Purwakarta," ucapnya.

Dalam pengembangan tempat wisata Tanjung Putri ini, Cece mengaku mendapat dukungan dari berbagi pihak dan tokoh-tokoh di wilayah tersebut.

Cece juga mengatakan, Tanjung Putri siap menampung masyarakat yang ingin berkreasi dengan memanfaatkan potensi alam yang ada. Agar tidak mengecewakan pengunjung, dia bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kecamatan Sukasari akan memberikan pembekalan kepada masyarakat yang mengelola teat wisata Tanjung Putri. 


Tempat Kuliner di Tempat Wisata Tanjung Putri Sukasari Purwakarta. (Foto : iNewsPurwakarta)

Selain itu, sambung Cece, di Tanjung Putri juga menyediakan tempat wisata kuliner dengan menu yang nikmat dan lezat serta memanjakan lidah.

"Kuliner yang jadi andalan di wilayah ini iyalah nasi liwet, ikan bakar khas Sukasari, Sate dan bakakak ayam. Sambil menyantap makanan yang nikmat, juga bisa sambil menikmati pemandangan alam yang indah khas Desa Sukasari. Selain itu ada juga kopi sukasari dan cendol sebagai penyertanya," tuturnya.

Cece mengklaim, potensi wisata ini akan sangat berdampak kepada perekonomian warga yang notabene penghasilannya dari pedagang dan nelayan.

"Dengan dibukanya Tanjung Putri ini sebagin Desatinasi Wisata masyarakat di lokasi itu merasakan dampak peningkatan perekonomiannya. Warga diberi kesempatan yang luas untuk dapat membuka berbagai usaha yang mendukung wisatawan seperti usaha kuliner bahkan suvenir," Tandasnya.

Editor : Iwan Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut