get app
inews
Aa Read Next : Tanamkan Disiplin Lalulintas Sejak Dini, Polwan Purwakarta Gelar Police Goes To School

Polisi Tes Urine Puluhan Sopir Bus Armada Lebaran

Sabtu, 23 April 2022 | 16:48 WIB
header img
Polisi Tes Urine Puluhan Sopir Bus Armada Lebaran di Terminal Ciganea Purwakarta.(Foto: Irwan/iNewsPurwakarta)

PURWAKARTA, iNews.id - Petugas gabungan polisi Polres Purwakarta dan Dishub Terminal Ciganea, Purwakarta, Jawa Barat, menggelar tes urine terhadap puluhan pengemudi bus armada mudik lebaran antar kota antar provinsi, Sabtu (23/04/2022) siang. 

Satu persatu sopir bus antar kota antar provinsi, yang singgah atau akan berangkat dari terminal Ciganea, dilakukan pemeriksaan sampel urinnya.  

Sejumlah pengemudi bus mengaku senang dengan adanya tes urin saat mudik lebaran, karena bisa mengetahui kondisi badan. Selain itu untuk menumbuhkan kepercayaan para penumpang yang akan mudik ke kampung halaman, jika armada dan pengemudinya aman.

"Kami berterimakasih diadakan tes urine disini, selain bisa mengetahui kondisi saya juga menumbuhkan kepercayaan para pemudik, kalau saya bebas pengaruh narkoba," ucap Dedi, pengemudi bus armada lebaran.  

Sementara pihak kepolisian Polres Purwakarta, menjelaskan, tes urin terhadap para pengemudi bus ini, untuk mengetahui kesehatan sopir dalam kondisi prima, dan memastikan sopir  terbebas dari narkoba atau tidak dibawah pengaruh minuman keras. 

"Dengan tes urine terhadap para sopir bus ini tentunya demi keselamatan dan kenyamanan para penumpang yang akan mudik," kata Kasat Shabara AKP Asep. 

Disebutkan Asep, dari tes urin yang diadakan di terminal Ciganea, puluhan pengemudi yang diperiksa  dinyatakan dalam kondisi sehat dan negatif dari narkoba atau miras.  


Polisi Tes Urine Sopir Bus Armada Lebaran

Di tempat yang sama Kasatresnarkoba AKP BUdi Suheri menjelaskan, para sopir bus ini di tes urine untuk mengidentifkiasi apakah mereka sehat, urinenya tidak terpengaruh obat-obatan atau minuman keras.

"Jika negatif silakan mereka jalan membawa penumpang menuju tujuannya. Hal ini untuk keamanan dan kenyamanan para pemudik," terangnya. 
 
Budi juga menghimbau pengemudi bus agar tidak mengkonsumsi narkotika, obat berbahaya, minuman keras atau zat berbahaya lainnya. 
 

Editor : Iwan Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut