Jamu Tradisional Gentong Geulis Ramaikan Festival UMKM di Purwakarta

Tim Liputan
Owner sekaligus CEO Gentong Geulis, Ita Sumanti saat di stand miliknya dalam acara Festival UMKM Purwakarta. (Foto: Istimewa)

PURWAKARTA, iNews.id - Nama Gentong Geulis sudah tak asing lagi bagi masyarakat di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat. Salah satu UMKM yang menggeluti jamu tradisional ini memiliki kesan milenial dan kekinian. 

Dalam acara Festival UMKM di Taman Pasanggrahan Padjajaran, Kabupaten Purwakarta, pada Sabtu (23/7/2022) nampak stand Gentong Geulis banyak didatangi masayarakat yang membeli.

Owner sekaligus CEO Gentong Geulis, Ita Sumanti, mengatakan setiap ada kegiatan yang melibatkan UMKM, Gentong Geulis selalu hadir dan ikut memeriahkanya. 

"Kita, Gentong Geulis selalu hadir dalam kegiatan Festival UMKM baik itu di Kabupaten Purwakarta maupun di luar Kabupaten Purwakarta, guna mendekatkan dengan masyarakat," ucapnya.

Digitalisasi UMKM, sambung Ita, menjadi penting dalam perkembangan usaha terutana dalam masa pandemi seperti ini tentunya pasar global menuntut tidak hanya offline tapi juga online. 

"Tapi kita juga terus garap pasar offline seperti di Festival UMKM ini," tuturnya.

Ia menambahkan, saat ini Gentong Geulis mengeluarkan 4 varian baru yakni rempah mix, rempah jahe, lalu ada temulawak mix dan jahe susu.

Dari 4 varian baru itu, kata Ita, yang paling favorit adalah rempah mix dan jahe susu. Untuk harga gentong Geulis ini yaitu 100.000 utuk kemasan gentong. 

"Selain kemasan gentong, kita juga mengeluarkan kemasan sachet dan ready to drink (siap minimun) untuk memudahkan masyarakat dalam mengkonsumsi Gentong Geulis ini," paparnya. 

Ita menambahkan, yang membedakan Gentong Geulis dengan produk lain yakni tidak ada ampas, lalu gentong Geulis itu bisa diminum panas ataupun dingin.

"Jadi tergantung mood dan tergantung suasana keadaan, misalnya lagi meriang pengennya minumnya hangat bisa diseduh dengan air hangat. Dan jika lagi haus atau habis olahraga serta panas terik matahari, kita bikinnya dingin gitu loh. Yang pasti bermanfaat mau diminum panas ataupun dingin tetap bermanfaat," jelasnya. 

Diterangkan Ita, Gentong Geulis diproduksi di Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta. Menggunakan rempah-rempah yang ditanam di Purwakarta, diolah dan dikemas di Purwakarta, serta keseluruhan proses produksinya dilakukan oleh warga Purwakarta.

"Artinya, Gentong Geulis ini benar-benar produk UKM asli Purwakarta. Meski baru setahun berdiri dan dipasarkan, namun Gentong Geulis memiliki pelanggan dari berbagai wilayah di Indonesia," ujar Ita. 

Editor : Iwan Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network