Permudah Layanan Masyarakat, Desa Bojong Barat Terapkan Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Digital

Irwan
Kantor Desa Bojong Barat, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Istimewa)

PURWAKARTA, iNewsPurwakarta.id - Salah satu desa di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, tata kelola pemerintahannya kini berbasis teknologi informasi.

Adalah Desa Bojong Barat yang berada di wilayah Kecamatan Bojong.

Menurut Kepala Desa Bojong Barat, Adik Sahroni, setelah dilantik pada 18 Oktober 2021 silam, dirinya terus berbenah di desa yang dipimpimnya tersebut. 

Salah satunya menerapkan tata kelola pemerintahan desa yang berbasis teknologi informasi. 

Adik Sahroni menyebut, digitalisasi dilakukan mulai dari administrasi pemerintah, pelayanan sampai pemasaran produk unggulan. 

"Kita berkomitmen untuk meningkatkan keterbukaan informasi publik dan pemanfaatan sistem informasi teknologi ini mampu melayani masyarakat dengan mudah, cepat, akurat, tepat waktu dan tidak berbelit-belit," ucap Adik, Rabu (27/10/ 2022).

Selain itu, Adik melanjutkan, tata kelola keuangan anggaran seperti Dana Desa, Bantuan Provinsi dan DBHP sudah terintegrasi sistem digital.

"Pembayaran siltap juga sudah menggunakan sistem transfer, tidak ada penarikan uang cash aktifitas keuangan Desa Bojong Barat," ungkapnya. 

Dijelaskannya, Desa Bojong Barat sudah membentuk Tim Informasi Desa (TID) dan melakukan pemetaan potensi Desa Bojong Barat secara detail. 

Kemudian, sambung dia, pihaknya pun sudah melakukan analisis potensi desa untuk menentukan skala prioritas dalam pembangunan desa.

"Langkah implementasi aplikasi digitalisasi desa dimulai dengan membuat website desa serta seluruh perangkat yang menguasai digitalisasi. Semua itu menjadi implementasi digitalisasi Desa Bojong Barat sebagai Desa Digital," ujar Adik.

Ia menambahkan, pihaknya pun lakukan penerapan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di desa bertujuan membangun ekosistem digital desa.

"Ke depan, aktivitas digital masyarakat akan berjalan baik di seluruh lini dengan memanfaatkan QRIS dalam kesehariannya. Digitalisasi di Desa Bojong Barat secara bertahap terus dilakukan sehingga sangat bermanfaat bagi pemerintah, masyarakat, maupun pihak swasta lainnya," tutur Adik. 

Lewat program ini, lanjut dia, diharapkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa bisa meningkat. Melalui digital, akses informasi dan ekonomi terbuka lebar hingga ke dunia internasional.

"Dalam hal ini, dimulai dari skala desa, yang kemudian dapat berkembang terus dan dapat saling berbagi pengalaman. Selain itu, membantu mewujudkan pemerintahan desa dengan pelayanan terbaik dan terpadu terhadap masyarakat, dan juga tata kelola pemerintah yang lebih informatif, dan transparan," papar Adik. 

 

Editor : Iwan Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network