Gudang Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Terbakar, Diduga Api Berasal dari Pembakaran Rumput Ilalang

Irwan
Gudang pabrik sepatu Bata Purwakarta terbakar. (Foto: Istimewa)

PURWAKARTA, iNewsPurwakarta.id - Kebakaran hebat melanda gudang pabrik sepatu Bata yang berlokasi di Jalan Raya Bungursari, Purwakarta, Jawa Barat, Senin (18/8/2024) siang.

Menurut Bayu Wijaya, satpam pabrik tersebut, kejadian ini berawal diduga dari petugas kebersihan yang membakar rumput ilalang di belakang sekitar areal pabrik. Kemudian apinya merembet ke ilalang yang kering akibat musim kemarau, hingga menjalar ke gudang pabrik.

"Karena di dalam gudang banyak bahan yang mudah terbakar, sehingga api terus membesar," ucap Bayu saat ditemui iNewsPurwakarta.id di lokasi, Senin (19/8/2024).

Bayu menyebutkan bahwa sebelum kejadian sekitar pukul 12.00 WIB, dirinya melakukan patroli dan melihat ada dua titik pembakaran ilalang dengan kondisi api masih kecil. Dirinya sempat mengingatkan kepada para pembakar agar berhati-hati untuk mengantisipasi api membesar.

"Dan setelah sekitar jam setengah satu pas kita mau makan siang, kita lihat asap gede, kita langsung bergegas ke area belakang ini langsung coba memadamkan. Api yang paling gede itu daerah lapangan, bekas lapangan futsal, ngerembet ke dalam," bebernya. 

Didalam gudang hanya berisikan tumpukan palet berbahan plastik, sehingga api dengan mudah membakar palet itu dan merembet ke yang lain.

"Ya hanya gudang, kalo karyawan tidak ada karena tidak ada aktivitas di dalam gudang ini," pungkasnya.

Sementara Iman Rustiman, Kepala UPTD Bungursari menyebutkan, tiga unit damkar dikerahkan untuk memadamkan api, ia mengalami kesulitan dan terpaksa membobol sedikit dinding bangunan gedung itu.

"Kami menerima laporan dan bergerak langsung. Kesulitan pertama macet kedua banyak asap. Kami mencoba cari celah dan membobol blower untuk masuk ke areal gedung," ucapnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun pihak perusahaan alami kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

Sementara kasus kebakaran ini ditangani petugas Satreskrim Polres Purwakarta dan Polsek Bungursari. ***

Editor : Iwan Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network