get app
inews
Aa
Read Next : Tanamkan Disiplin Lalulintas Sejak Dini, Polwan Purwakarta Gelar Police Goes To School

Tanah Retak Akibat Curah Hujan Tinggi, Warga Satu Kampung Mengungsi

Senin, 19 September 2022 | 07:53 WIB
header img
Tanah retak akibat curah hujan tinggi, warga Kampung Cibugis Kabupaten Bogor mengungsi. Foto: BPBD

BOGOR, iNewsPurwakarta.id - Tingginya curah hujan yang mengguyur Kabupaten Bogor beberapa hari terkahir mengakibatkan tanah di Kampung Cibugis, Desa Banyuwangi, Kecamatan Cigudeg, retak dan longsor. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kampung tersebut menjadi terisolir.

Untuk mengansipasi longsor susulan, BPBD Kabupaten Bogor mengungsikan warga kampung tersebut ke tempat yang aman.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko mengatakan peristiwa itu terjadi pada Sabtu 17 September 2022. Bencana tersebut disebabkan hujan dengan intensitas tinggi yang cukup lama di wilayah Kecamatan Cigudeg.

"Sehingga mengakibatkan keretakan tanah dari titik awal ke titik akhir retakan kurang lebih 25 meter," kata Aris dalam keterangannya, Minggu (18/9/2022).

Dari kejadian tersebut, akses jalan kampung tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Kondisi di sekitar lokasi pun masih labil dikhawatirkan terjadi retakan atau longsor susulan.

"Untuk saat ini tanah masih bergerak di wilayah tersebut dan akses jalan sudah tidak bisa dilewati oleh kendaraan. Jalan darurat sedang dibuat oleh warga setempat dan warga telah di himbau untuk tidak beraktivitas di sekitaran longsoran," jelasnya.

Editor : Iwan Setiawan

Follow Berita iNews Purwakarta di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut