get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Purwakarta 2024, Zaenal Arifin Berlabuh ke PDIP dan PKS

Ini Prediksi Parpol yang Raih Tiga Besar Suara di Pileg Purwakarta 

Sabtu, 13 Januari 2024 | 20:07 WIB
header img
ilustrasi Pemilu 2024

PURWAKARTA, iNewsPurwakarta.id - Satu bulan sebelum pemungutan suara Pemilu 2024, para calon anggota legislatif (caleg) di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, semakin intens mendagangkan parpol dan pesona dirinya. Dua pemerhati politik Purwakarta, memprediksi parpol yang menjadi tiga besar dalam perolehan suara dalam pesta demokrasi ini.

Dihubungi iNewsPurwakarta.id pada Sabtu (13/1/2024) malam, Ketua Gerakan Moral Masyarakat Purwakarta (GMMP) Hikmat Ibnu Aril memprediksi, tiga parpol yang akan merajai Pileg Purwakarta adalah Partai Golkar, PKB, dan PKS. Sedangkan pengamat politik Purwakarta Agus Yasin, berpendapat bahwa parpol yang berpeluang menjadi tiga besar adalah Partai Golkar, Partai Gerindra, dan Partai Nasdem.   Aril menjelaskan, analisis yang dilontarkannya itu berdasarkan perkembangan politik yang terjadi saat ini.

"Partai Golkar mempunyai basis suara yg relatif stabil dari setiap Pemilu. Selain itu, di partai ini kader-kadernya memiiki militansi yang tinggi. Sedangkan PKB sepertinya bisa mempertahankan posisinya di Pemilu 2024, terlebih saat ini popularitasnya naik setelah bergabung di Koalisi Perubahan. Adapun PKS, seperti juga Golkar, militansi kader-kadernya diragukan lagi. Apalagi saat ini keputusan-keputusan fraksinya lebih mendengar aspirasi rakyat," papar Aril.

Di tempat terpisah, Agus Yasin mengatakan, jika mengamati secara riil di lapangan, dengan asumsi mobilitas pergerakan partai dan side effect Pilpres, yang  memiliki kecenderungan bertengger di tiga besar di Purwakarta, adalah Partai Golkar, Partai Gerindra dan Partai Nasdem. Namun demikian, ungkap Agus, bukan berarti parpol-parpol lainnya tidak berpeluang, seperti PKB, PDIP dan PKS. 

Editor : Iwan Setiawan

Follow Berita iNews Purwakarta di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut