get app
inews
Aa Read Next : Tanamkan Disiplin Lalulintas Sejak Dini, Polwan Purwakarta Gelar Police Goes To School

Program Makan Siang Gratis Dinyinyir, KDM: Padahal Banyak Pejabat Makan Siangnya Gratis

Kamis, 07 Maret 2024 | 17:20 WIB
header img
Dedi Mulyadi. Foto: Istimewa

PURWAKARTA, iNewsPurwakarta.id – Program makan siang gratis yang akan dijalankan oleh Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka hingga kini masih menjadi buah bibir. Banyak pihak yang meragukan bahkan menyinyir program tersebut tidak bisa direalisasikan.

Menanggapi hal itu, Kang Dedi Mulyadi (KDM) mengatakan, negara memiliki kemampuan untuk merealisasikan hal tersebut. Ia mencontohkan, misalkan APBN sebesar Rp 3.500 triliun maka sesuai undang-undang 20 persen dialokasikan untuk pendidikan atau sekitar Rp 700 triliun.

“Pertanyaannya anda meyakini gak anggaran Rp 700 triliun itu tepat sesuai dengan kebutuhan? Tidak, pasti ada yang tidak efisien, pasti ada yang belum tepat, yang belum tepatnya kan bisa disisir digunakan untuk ini,” ucap KDM.

Pengalamannya sebagai Bupati Purwakarta dua periode yang memiliki anggaran kabupaten terkecil bisa menjalankan program yang serupa dengan makan siang gratis. Caranya dengan melakukan efisiensi yang akhirnya berdampak juga pada pembangunan infrastruktur, kesejahteraan hingga investasi dan aset bertambah.

Menurutnya jika negara memiliki keberpihakan pada masyarakat bisa melakukan efisiensi belanja agar tepat guna dan sasaran sesuai kebutuhan publik.

Editor : Iwan Setiawan

Follow Berita iNews Purwakarta di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut