get app
inews
Aa Read Next : Tanamkan Disiplin Lalulintas Sejak Dini, Polwan Purwakarta Gelar Police Goes To School

Jalur Mudik di Purwakarta Alami Kerusakan, Warga: Sering Terjadi Kecelakaan

Senin, 25 Maret 2024 | 18:52 WIB
header img
Jalur mudik Jalan Raya Cikopo alami kerusakan. Foto: iNewsPurwakarta.id/Irwan

PURWAKARTA, iNewsPurwakarta.id - Sepekan jelang memasuki musim mudik lebaran, jalur nasional non tol, tepatnya Jalan Raya Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat alami kerusakan, Senin (25/3/2024). 

Seperti di titik perbatasan Kabupaten Purwakarta dan Karawang. Lubang dengan diameter sekitar satu meter dengan jarak antar lubang berdekatan dam hampir semua badan jalan.  

Pantauan iNewsPurwakarta.id di lokasi, Pemotor, mobil hingga truk pun banyak yang menghindar agar tidak terjebak di jalan rusak. Namun, banyak juga yang terpaksa melindas lubang jalan dengab melambatkan laju kendaraannya. 

Selain di titik ini (perbatasan Purwakarta dan Karawang), kerusakan juga terjadi di beberapa titik di sepanjang jalan menuju pantura ini. 

Terlihat sejumlah lubang di badan jalan ini ditutupi dengan bebatuan oleh warga agar ke dalaman lubang terminimalisir. 

Menurut warga, kerusakan jalan sudah terjadi dalam satu bulan terakhir. Pihak terkait sudah memperbaiki, namun selang beberapa hari jalan tersebut kembali rusak. 

"Ya kerusakan jalan ini sudah sekitar satu bulan. Sudah, sudah diperbaiki, karen terus diguyur hujan, rusak lagi," ucap Sadam Husen, seorang warga, saat ditemui di lokasi, Senin (25/3/2024). 

Sadam menyebut, dampak kerusakan jalan ini sering terjadi kecelakaan. Mayoritas pemotor, jika malam hari. Banyak yang terguling karena melindas jalan yang rusak. 

"Mereka (pemotor) kalau malam gak melihat ada lubang di jalan. Saat dilindas ternyata lubang dan dia terjatuh," ungkapnya. 

Sadam juga mengaku sering menolong pemotor yang mengalami kecelakaan di lokasi tersebut. Rata-rata kondisinya lecet, tapi ada juga yang patah tulang. 

"Pernah ibu-ibu yang celaka di sini, tangannya patah, saya tolong," imbuhnya. 

Sadam berharap jalan tersebut segera diperbaiki. Karena menurutnya sangat mengganggu aktivitas masyarakat.

"Apalagi bentar lagi musim mudik, banyak kendaraan pemudik tujuan pantura hingga Jawa Tengah lewat," ujarnya. 

Diketahui jalan ini adalah jalur utama non tol yang kerap digunakan pemudik menuju arah pantura dan jawa. Dan jalur itu pun digunJan untuk jalur pengalihan jika sistem one way diberlakukan di jalur Trans Jawa. Warga berharap agar perbaikan secara permanen dilakukan untuk kenyamanan pengguna jalan dan mengantisipasi kecelakaan.***

 

Editor : Iwan Setiawan

Follow Berita iNews Purwakarta di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut