Meriahkan Harlah 1 Abad NU, Ribuan Warga Nahdiyin Purwakarta Ikuti Kirab Kebangsaan

Irwan
Ribuan peserta Kirab Kebangsaan penuhi Jalan Jendral Sudirman, Kabupaten Purwakarta. Foto: Istimewa

PURWAKARTA, iNewsPurwakarta.id - Ribuan warga Nahdiyin Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ikuti kirab kebangsaan di sejumlah jalur utama kota Purwakarta, Selasa (31/1/2023) siang.

Acara yang digelar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat ini puncak peringatan hari lahir (harlah) satu abad Nahdlatul Ulama (NU).

Kirab sendiri dimulai dari Perempatan Patung Egrang, kemudian melintasi Jalan Sudirman dan Jalan Mr Dr Kusumahatmaja. Lalu berhenti di Alun-alun Purwakarta. Kegiatan ini juga diikuti oleh berbagai tokoh agama di Kabupaten Purwakarta.

Ketua Rois Syuriah PCNU Kabupaten Purwakarta, KH Akhfaz Fauzi Asikin mengungkapkan, kegiatan ini bisa terselenggara berkat kerjasama semua pihak, baik itu warga nahdiyin, TNI-Polri serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta. 

Berkat acara yang sangat luar biasa ini, Kyai Kharismatik itu mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk seluruh pihak yang telah mensukseskan acara harlah satu abad NU di Kabupaten Purwakarta. 

"Hendaknya hal ini juga dapat diambil pelajarannya oleh para generasi muda atau umumnya masyarakat Purwakarta agar tidak hanya sekedar membela hal-hal yang berkaitan dengan agama, tapi lebih khusus lagi membela kepentingan bangsa dan negara. Jadi kedepan, negara ini akan tetap aman untuk ketentraman generasi muda kita yang akan mengisi ini," kata Kiayi Akhfaz, saat ditemui usai kegiatan Kirab Kebangsaan di Kompleks kantor Pemkab Purwakarta, Selasa (31/1/2023) sore. 

Ditempat yang sama, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengucapkan terimakasih atas berlangsung kegiatan Kirab Kebangsaan yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

"Saya ucapkan terimakasih atas nama Pemerintah Kabupaten Purwakarta karena acara ini telah berlangsung dengan baik. Acara ini menandakan bahwa Kabupaten Purwakarta merupakan wilayah yang sangat toleransi," ujarnya.

Perempuan yang saat ini dikenal dengan Ambu Anne itu mengatakan, NU memiliki kader-kader yang berkualitas untuk memberikan ide dan gagasan terkait pembangunan bangsa.

"NU memiliki kader-kader terbaik di semua lini, mereka bisa memberikan gagasan dan ide untuk pembangunan bangsa khususnya Kabupaten Purwakarta. Keberhasilan Purwakarta saat ini merupakan kontribusi dari keluarga besar NU," ujar Ambu Anne. 

Sementara, Ketua Panitia Harlah 1 Abad NU Kabupaten Purwakarta, Oyang Este Binos mengatakan, kegiatan yang berlangsung pada Selasa, 31 Januari 2023 ini merupakan bentuk komitmen NU untuk menguatkan nilai keberagam dan kebangsaan.

"Dalam agenda puncak perayaan Harlah 1 Abad NU, kami melaksanakan acara ini untuk menguatkan komitmen seluruh elemen bangsa khususnya yang ada di Kabupaten Purwakarta," ucap pria yang akrab di sapa Binos itu. 

Dirinya mengatakan, komitmen bangsa dan bernegara merupakan satu hal yang harus diprioritaskan.

"Komitmen kebangsaan harus diperkuat saat-saat ini, mengingat pada saat ini, kita masyarakat Indonesia sedang memasuki tahapan pemilu 2024," katanya.

 

Editor : Iwan Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network