PURWAKARTA, iNewsPurwakarta.id - PT KAI Daop 2 Bandung mencatat selama masa Angkutan Lebaran 2023 yang berakhir hari ini, jumlah pelanggan KA jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Purwakarta mengalami peningkatan sebesar 91 persen dari tahun lalu.
Dimana tahun ini, sebanyak 4.927 pelanggan. Sedangkan, pada tahun lalu sebanyak 2.575 pelanggan.
Adapun jumlah keberangkatan terbanyak pada tahun ini terjadi pada Selasa (25/4), dengan 358 pelanggan.
Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono mengatakan bahwa peningkatan jumlah pelanggan KA Jarak Jauh pada tahun ini disebabkan adanya perubahan aturan persyaratan perjalanan bagi pelanggan KA Jarak Jauh. Dimana, awalnya berpedoman pada SE 57 menjadi berpedomen pada SE 84.
"Perubahan persyaratan perjalanan bagi pelanggan KA jarak jauh Lebaran tahun ini, ternyata membuat jumlah pelanggan meningkat," ucap Mahendro dalam rilisnya yang diterima iNewsPurwakarta.id, Selasa (2/5/2023).
Lebih lanjut, Mahendro menyampaikan terimakasih atas kepercayaan masyarakat menggunakan jasa angkutan KA pada masa Angkutan Lebaran tahun ini.
Mahendro juga menjelaskan, PT KAI Daop 2 Bandung selama 19 hari masa Angkutan Lebaran 2023 telah melayani 282.764 pelanggan KA Jarak Jauh. Angka ini meningkat 34% jika dibandingkan tahun lalu yang hanya sebanyak 210.303 pelanggan.
"Jumlah keberangkatan tertinggi pelanggan KA Jarak Jauh pada tahun ini justru terjadi pada periode setelah Lebaran dengan 18.262 pelanggan, yakni yang berangkat pada Selasa 25 April 2023," jelas Mahendro.
Mahendro memaparkan, PT KAI Daop 2 Bandung mengoperasikan 521 perjalanan KA pada masa Angkutan Lebaran tahun ini. Jumlah tersebut terdiri dari 456 perjalanan KA reguler dan 65 perjalanan KA tambahan.
"Selama 19 hari pelaksanaan masa Angkutan Lebaran, PT KAI Daop 2 Bandung menyediakan 265.831 tiket tempat duduk, dengan volume okupansi pelanggan mencapai 106%," ucap Mahendro.(*)
Editor : Iwan Setiawan
Artikel Terkait