[OPINI]: Rematch Anne Ratna Mustika Vs Zaenal Arifin di Pilkada Purwakarta, Siapa Bakal Unggul?

Tatang Budimansyah
Anne Ratna Mustika dan Zaenal Arifin akan kembali 'berduel' di Pilkada 2024. Foto: Okezone

Pada Pilkada 2018, Zaenal Arifin maju melalui jalur perseorangan, alias tanpa parpol politik. Sekarang, Zaenal diusung PKB dan PPP, serta Partai Gelora sebagai partai nonparlemen.

Kekalahannya pada Pilkada 2018, tentu saja membuat Zaenal lebih siap, cermat, dan taktis di Pilkada tahun ini. Zaenal punya investasi suara yang dia peroleh di pilkada 2018. Dia harus mampu me-maintenance agar para pemilihnya dulu, tak beralih dukungan ke calon lain.

Sekali lagi, Pilkada Purwakarta 2024 bukan pertarungan head to head. Ada empat pasangan calon yang bertarung. Untuk memenangi kontestasi, Zaenal bukan saja harus unggul suara dari Anne, tetapi juga harus mengalahkan Yadi dan Binzein.

Zaenal dikenal sebagai sosok yang agamis. Ini menjadi keuntungan baginya dalam menyasar kalangan santri. Terlebih, Zaenal berpasangan dengan Sona Maulida, Ketua DPC PKB Purwakarta. 

Sepintas, Zaenal lebih visioner dari Anne. Tapi, bukan berarti itu memuluskan jalannya menuju kemenangan. Sebab, untuk menjadi pemenang, banyak faktor yang memengaruhinya.

Untuk menyasar pemilih tradisional dan emosional, pasangan Zaenal-Sona harus ekstra keras menaikkan popularitasnya agar bisa menyaingi popularitas Anne.  

Editor : Iwan Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network