Komunitas Peduli Purwakarta Ragukan Independensi Lembaga Survei LSI Denny JA 

Tatang Budimansyah
Pilkada Purwakarta diramaikan dengan salling klaim para paslon melalui hasil survei. Foto: Okezone

PURWAKARTA, iNewsPurwakarta.idKomunitas Peduli Purwakarta (KPP) meragukan independensi lembaga Lingkar Survei (LSI) Network Denny JA. KPP menilai bahwa hasil survei akan tergantung dari siapa yang memesan dan membayarnya.

“Susah untuk dipercaya bahwa survei itu independen, kan tergantung dari siapa yang menyuruh dan siapa yang membayarnya. Misalnya pasangan A menyuruh survei, ya pasti yang lebih tinggi hasilnya adalah pasangan A itu karena pasti dia yang membayarnya,” ujar Ketua KPP Munawar Kholil, Sabtu (14/9/2024).

Pernyataan Kholil tersebut menanggapi rilis hasil survei LSI tentang tingkat elektabilitas empat pasangan bakal calon di Pilkada Purwakarta. Hasil survei tersebut menempatkan pasangan Saepul Bahri Binzein-Bang Ijo unggul di posisi teratas.  

Kholil juga mengomentari pernyataan Direktur Eksekutif Citra Komunikasi Lingkar Survei Indonesia (LSI) Toto Izul Fatah. Seperti diketahui, Toto mengungkapkan bahwa calon yang memiliki elektabilitas dengan tren turun, biasanya akan terus menurun.

Dalam siaran pers tertanggal 11 September 2024, Toto menyebutkan bahwa tak mudah bagi kandidat yang punya tren turun untuk rebound. 

Editor : Iwan Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network