get app
inews
Aa Read Next : Tanamkan Disiplin Lalulintas Sejak Dini, Polwan Purwakarta Gelar Police Goes To School

Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, Polantas Polres Purwakarta di Tes Urine

Senin, 29 Agustus 2022 | 14:08 WIB
header img
Para personel Satlantas Polres Purwakarta saat dilakukan test urine. (Foto: dok Polres Purwakarta)

PURWAKARTA, iNews.id - Antisipasi penyalahgunaan narkoba di lingkungan Polres Purwakarta, Polres Purwakarta terus lakukan test urine terhadap seluruh anggota Polres Purwakarta.

Kali ini, test urine dilakukan terhadap seluruh personel Satuan Lalulintas Polres Purwakarta di Mapolres Purwakarta, Senin (29/8/2022). 

Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasi Propam AKP Atik Sakron mengatakan, sasaran dari tes urine ini tidak hanya anggota Polri saja, namun para ASN Polri yang bertugas di Polres Purwakarta serta Polsek jajaran.

"Ini termasuk kegiatan gaktibplin yang merupakan kegiatan rutin. Hari ini Kita bersama Satres Narkoba dan Urkes Polres Purwakarta lakukan tes urine terhadap 34 personel Satlantas Polres Purwakarta," ucap Atik. 

Lebih lanjut dia mengatakan, pelaksanaan tes urine sebagai upaya pengawasan internal untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba oleh anggota Polri maupun ASN di lingkungan Polri khususnya Polres Purwakarta. 

"Sebagai mana arahan Pak Kapolres Purwakarta, tes urine dilakukan sebagai upaya pengawasan internal untuk mencapai anggota zero dari narkoba. Serta untuk mencegah pelanggaran personel dalam pelaksanaan tugas dan kehidupan sehari-hari," tegasnya. 

Atik memastikan dalam kegiatan pengecekan urine kali ini tidak dapat dihindari lantaran dilakukan usai apel pagi. Lebih lanjut, dari seluruh hasil pengecekan, tidak ada anggota Satlantas Polres Purwakarta yang dinyatakan positif menggunakan narkoba.

"Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan secara mendadak itu, semua anggota dinyatakan negatif penggunaan barang narkotika atau narkoba," ujar Atik. 

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Warjo menambahkan, tes urine ini guna menghindari adanya penyalahgunaaan narkoba di lingkungan aparat kepolisian khususnya di jajaran Sat Lantas Polres Purwakarta.

"Test urine itu dilakukan secara rutin dan mendadak. Jika ada anggota yang positif maka akan ditindak tegas. Kegiatan ini bakal terus dilakukan secara berkala agar menghindari anggota Polri khusus anggota Satlantas Polres Purwakarta yang menggunakan narkotika," tegas Warjo. 

Dia mengatakan, anggota Satlantas merupakan etalase Polri, sehingga harus terbuka dan memahami tugas serta tanggung jawabnya. Di samping itu, juga harus bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam segala lini pelayanan.

"Ini tercermin dari ketertiban dan kedisiplinan anggota. Dan dari hasil gaktibplin ini seluruh anggota satlantas sangat baik. Dari 34 personel Satlantas Polres Purwakarta yang di test urine, Alhamdulillah hasilnya semua negatif. Untuk itu anggota Satlantas diharapkan lebih tertib dan disiplin," Ucap Warjo. 

 

Editor : Iwan Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut