get app
inews
Aa Read Next : Tanamkan Disiplin Lalulintas Sejak Dini, Polwan Purwakarta Gelar Police Goes To School

Agar Siswa Nyaman Belajar, Kepala Sekolah di Purwakarta Terapkan Metode Belajar di Lingkungan

Senin, 23 Januari 2023 | 16:42 WIB
header img
Kegiatan belajar mengajar di alam bebes ala SMPN Satap 2 Parungbanteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Dok SMPN Satap 2 Parungbanteng)

PURWAKARTA, iNewsPurwakarta.id - Untuk menghindari kejenuhan, Kepala SMPN Satap 2 Parungbanteng, Sukasari, Purwakarta, Jawa Barat, Mokhamad Aripin terus mencari metode pembelajaran terbaik bagi para siswanya.

Ya, mengadakan kegiatan belajar mengajar di luar kelas dengan memanfaatkan lingkungan yang asri. Hal ini, agar para siswa SMPN 2 satap yang berada di ujung barat Kabupaten Purwakarta ini merasa nyaman saat belajar. 

Siswa juga dibagi ke dalam kelompok kecil, terdiri dari empat sampai lima orang per kelompok.

Kepala SMPN Satap 2 Parungbanteng, Mokhamad Aripin mengatakan, melalui kegiatan tersebut, siswa diajak belajar di alam terbuka seperti di pinggir sungai, di bawah pepohonan, saung, dan lapangan terbuka. 

"Saya termasuk guru yang out of the box. Tidak mau dikungkung oleh tekstual buku pegangan siswa yang hanya menghabiskan materi bab demi bab. Seringkali saya ajak para siswa untuk belajar di luar kelas atau sekadar jalan-jalan ke taman, sungai atau bahkan perkampungan sekitar. Kini, setelah saya menjabat kepala sekolah, kegiatan belajar diluar kelas dijadikan kegiatan yang wajib para guru di SMPN Satap 2 Parungbanteng ini," Ucap Pria yang akrab disapa Kang Ipin itu, Pada Senin (23/1/2023).

Editor : Iwan Setiawan

Follow Berita iNews Purwakarta di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut