get app
inews
Aa Read Next : Mengemuka dalam Acara Halal Bihalal: Ivan Kuntara Bukan Calon Bupati Purwakarta!

[OPINI]: Berebut Posisi Jadi Pembisik ‘Ambu’ Anne Ratna Mustika

Selasa, 01 Agustus 2023 | 21:57 WIB
header img

Oleh: Tatang Budimansyah*

PERPISAHAN antara Dedi Mulyadi dengan Anne Ratna Mustika, bukan melulu bermakna keduanya tak lagi tidur dalam satu ranjang. Keduanya adalah public figure. Kita tahu, Dedi Mulyadi adalah anggota DPR RI yang juga youtuber yang cukup tersohor. Sedangkan Ambu, sapaan akrab Anne Ratna Mustika, saat ini menjabat sebagai Bupati Purwakarta, Jawa Barat.

Tak heran Ketika Dedi dan Ambu resmi bercerai melalui Pengadilan Agama Purwakarta beberapa waktu lalu, keduanya resmi pula ‘bercerai’ dalam wilayah ideologi, pandangan politik, dan dalam menyikapi atau menjalankan kebijakan publik.

Dedi dan Ambu hanya sepaham dalam  hal mengurus anak-anaknya. Selebihnya, mereka ibarat air dan minyak. Siapa yang berperan sebagai minyaknya, Dedi atau Ambu? Itu tak penting. Yang pasti, mereka sekarang sudah mempunyai arah hidup masing-masing.

Suatu waktu saya berkesempatan melakukan wawancara mendalam dengan Ambu. Dulu, saat menjelang Pilkada Purwakarta 2018. Tepatnya beberapa pekan sebelum dia dan Aming terpilih menjadi pemimpin kabupaten ini.

Saat itu Ambu dengan lugas mengungkapkan bahwa Dedi Mulyadi yang saat itu masih menjadi suaminya, adalah sang guru politik.
Tanpa tedeng aling-aling perempuan asal Cianjur ini mengaku banyak belajar politik dari Dedi Mulyadi. Dan saat masa belajarnya belum khatam, mereka berpisah.
Dengan kata lain, apa yang didapat Ambu dari Dedi belum paripurna. Tanpa Dedi, Ambu dalam konteks politik, agak terseok-seok. Tak ada lagi sosok Dedi yang biasanya ada di belakang layar. Dulu saat mereka masih hidup Bersama, ada adagium bahwa secara de jure, Ambu memang Bupati Purwakarta. Tapi secara de facto, Purwakarta masih dalam kendali Dedi Mulyadi.

Editor : Iwan Setiawan

Follow Berita iNews Purwakarta di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut