get app
inews
Aa Read Next : Polemik Ijazah Paket C Bang Ijo, Agus Yasin: Kadisdik Jangan Memihak!

Soal Polemik Ijazah Paket C Bang Ijo, Ini Komentar Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta

Selasa, 10 September 2024 | 09:06 WIB
header img
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta Purwanto menegaskan bahwa ASN tidak dilarang menjadi pengurus atau Ketua PKBM. Foto: Ist

Menurut Agus, secara umum seorang ASN yang bekerja di instansi pemerintah tak diperbolehkan merangkap jabatan sebagai Ketua PKBM. Ada sejumlah perundang-perundangan atau regulasi lain yang mengaturnya.

Misalnya,  Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Pasal 3 menyatakan, ASN harus mematuhi ketentuan yang berlaku, mencakup larangan untuk terlibat dalam kegiatan yang bisa menimbulkan konflik kepentingan dengan tugas pokok sebagai ASN.

Selain itu, ada Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. “Pasal 4 ayat 7 dan 8 menyebutkan, PNS dilarang memiliki rangkap jabatan yang dapat menyebabkan konflik kepentingan atau tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik,” terang Agus.

Dia menambahkan, seorang ASN di Dinas Pendidikan atau instansi pemerintah lainnya yang menjadi Ketua PKBM, bisa menghadapi konflik kepentingan.

“Terutama jika PKBM tersebut berinteraksi langsung dengan Dinas Pendidikan, misalnya dalam hal pengawasan, pembinaan, atau penyelenggaraan program Pendidikan,” imbuh Agus.

Hal lain yang dikomentari Purwanto, adalah ikhwal proses waktu penerbitan ijazah Bang Ijo. Sebelumnya,  Agus Yasin menengarai ada ketidakwajaran atas proses terbitnya ijazah tersebut.

Editor : Iwan Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut