iP: Sampai sekarang pencatatan masih secara manual?
RW: Ya, meskipun sistem apliklasi pun sudah dimulai. Kita tinggal melakukan pengembangan. Sekarang pelanggan bisa dengan mudah membayar rekening air. Bisa melalui online, atau bisa memanfaatkan aplikasi whatsapp.
iP: Nah, sekarang dari sisi SDM. Seperti apa kondisi GTR saat ini?
RW: Hari ini PDAM bermetamorfosis menuju ke perusahaan yang modern, yakni perusahaan yang bisa mengelola dengan baik atau good corporate governance.
Sekarang GTR memiliki 173 pegawai. Dari jumlah itu, 90 persennya adalah angkatan emas, yakni mereka yang berusia di bawah 44 tahun. Mereka siap diajak berubah dan berlari kencang untuk meraih pencapaian. Saya selalu mengajak para pegawai untuk mengubah mental dan budaya kerja.
iP: Apa yang dilakukan manajemen untuk meningkatkan skill dan kompetensi para pegawai?
RW: Kita menggenjot mereka untuk mengikuti berbagai pelatihan, baik pelatihan formal maupun nonformal dengan mitra strategis. Juga melaksanakan studi banding dan studi tiru. Mereka ‘disekolahkan’, mulai dari bidang pajak, pengolahan air, hingga akuntansi.
Untuk bermetamorfsis, seluruh pegawai telah diasesmen. Kita lihat apakah yang berstatus pegawai kontrak bisa dinaikkan statusnya menjadi calon pegawai atau tidak. Yang berstatus calon pegawai, apakah bisa naik menjadi pegawai tetap, atau sebaliknya, tidak berkompeten untuk menjadi pegawai GTR.
Editor : Iwan Setiawan