get app
inews
Aa Read Next : KDM: Petani Minta Pemerintah Alihkan Subsidi Pupuk ke Pembelian Gabah di Atas Rp 800 Ribu Perkuintal

Transfer Ilmu ke Petani, Ewindo Membangun Learning Farm

Kamis, 01 Juni 2023 | 10:08 WIB
header img
Ewindo mengembangkan program Learning Farm untuk membantu kesuksesan petani. Foto: dok Ewindo

Dalam rangka meramaikan dan mendorong partisipasi warga sekitar, Ewindo menggelar kegiatan Jagongan Bersama Cap Panah Merah. Ada berbagai aktifitas, antara lain pelatihan teknik penyemaian Bawang Merah Biji (True Shallot Seed) untuk petani Pujon, edukasi menyemai sayuran untuk siswa SD dan lomba memasak hasil panen learning farm.

 Kegiatan ini diikuti ratusan petani dan masyarakat di sekitar Learning Farm Pujon.

Tanaman sayuran yang dikembangkan di Learning farm antara lain sawi putih, cabai rawit, cabai merah besar, tomat, dan kembang kol.

 Khusus untuk bawang merah, nantinya Learning Farm akan menjadi pusat pembelajaran untuk proses penyemaian. Keseluruhan tanaman sayuran tersebut adalah varietas unggul berkualitas yang dihasilkan Ewindo. 

Selain di Malang, Ewindo juga membangun learning farm di sejumlah daerah lain, yaitu di Batubara, Lampung TImur, Majalengka, Pekalongan, Banyuwangi, Hulu Sungai Selatan, dan Gowa. 

Tak berhenti hanya di daerah-daerah tersebut, Ewindo juga berencana menambahnya di berbagai daerah untuk memberikan edukasi kepada petani cara bercocok tanam yang benar agar hasilnya bisa optimal.

Tidak hanya untuk petani, Ewindo mengembangkan konsep yang sama untuk para mahasiswa di sejumlah perguruan tinggi. Salah satunya dengan membangun kebun belajar dan praktik (Teaching Farm) tanaman sayuran di Kampus IPB, Darmaga-Bogor bekerja sama dengan IPB University.

Editor : Iwan Setiawan

Follow Berita iNews Purwakarta di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut