get app
inews
Aa Read Next : Bakal Calon Bupati Purwakarta Ivan Kuntara Akan Merilis Hotline. Ini Tujuannya

[OPINI]: Ada Poros Nanas, Tauco, dan Simping di Pilkada Purwakartun 

Kamis, 07 Maret 2024 | 23:03 WIB
header img
Tatang Budimansyah

Tapi secara de facto, kuku kekuasaan Mang Dorokdok masih menancap tajam di kabupaten ini. Segala titah yang terlontar dari mulutnya, adalah kalimat sakti.
Ya, kalimat yang membuat para birokrat Purwakartun ketar-ketir dan berdiri bulu kuduk.

Para birokrat lebih takut kepada Mang Dorokdok ketimbang macan kumbang, beruang kutub, atau ular welang.

Dalam konteks Pilkada Purwakartun, Mang Dorokdok juga mempunyai peran sentral. Dia masih menjadi pengendali. Tak heran jika lahir adagium: Siapapun calon bupati yang didukungnya, pastilah akan berhasil.

Posisi loyalis, simpatisan, dan pengekor Mang Dorokdok, ada di Poros Nanas. Siapapun calon bupatinya (asalkan diberi mandat olehnya), akan diperjuangkan secara all out untuk memenangi Pilkada.

Kita beralih ke Poros Tauco. Nama poros ini mengacu kepada kabupaten tempat asal Neng Aramus, petahana Bupati Purwakartun. Orang-orang yang berada di poros ini, adalah mereka yang simpatik dengan Neng Aramus.

Mereka menilai Neng Aramus berhasil dalam memimpin Kabupaten Purwakartun. Mereka menilai Purwakartun di bawah kepemimpinannya menjadi kabupaten yang bersolek, cantik dan gemulai.

Poros ini juga ditempati orang-orang yang antipati terhadap Kang Dorokdok. Mungkin saja mereka itu mantan loyalis atau pengekor, atau memang yang sudah lama menyimpan rasa sebel.

Poros Tauco adalah kubu yang bakal mengawal Neng Aramus hingga berhasil menjadi Bupati Purwakartun untuk kali yang kedua.

Editor : Iwan Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut