Ribuan Santri di Purwakarta Peringati Hari Santri

Irwan
Peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Kabupaten Purwakarta. (Foto: Dok Panitia HSN 2022 Kabupaten Purwakarta)

PURWAKARTA, iNewsPurwakarta.id - Hari Santri Nasional (HSN) 2022 di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, diperingati ribuan santri di wilayah tersebut. Acara yang mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” tersebut, berjalan lancar dan meriah.

Ketua HSN 2022 Kabupaten Purwakarta, Ajengan Saepunawawi menyebut seluruh rangkaian acara HSN Tingkat Kabupaten Purwakarta berjalan lancar dan sukses.

"Satu hal yang menjadi kebanggaan kami, Bahwa HSN Tahun 2022 ini untuk tingkat Kabupaten Purwakarta, perlombaan dan seluruh kegiatan di ikuti oleh bukan hanya warga Nahdiyin, tapi oleh ormas islam lainya, yaitu Muhammadiyah, Percis, PUI," ucap pria yang akrab disapa Gusmun itu, Senin (24/10/2022).

Tentu dengan adanya dukungan dan kekompakan seluruh elemen yang ada di Purwakarta tersebut, kata dia, adalah sebuah carger power bagi Purwakarta untuk menjadi barometer implementasi wujud kebhinekaan dan pondasi dasar Toleransi untuk Indonesia yang penuh harmonisasi dan kebersamaan. 

"Pesan yang akan kami sampaikan untuk Indonesia kami akan tetap menjaga NKRI yang majemuk dibawah pilar Pancasila sebagai dasar negara yang sudah pinal," jelas Gusmun. 

Hal itu, lanjut Gusmun, sesuai wasiat dan pesan para ulama serta guru guru kami, sebaimana Pesan Maha Guru kami Mbah Hasyim Asy'ary bahwa Agama dan Nasionalisme adalah dua kutub yang tidak bisa dipisahkan.

"Pesan yang penomenal beliau akan tetap kami rawat yaitu Hubbul Wathon Minal Iman artinya, Mencintai negara adalah bagian dari iman," ungkap Gusmun.

Gusmun melanjutkan, pesan pesan tersebut akan tetap abadi sepanjang zaman dan sepanjang masa.

"Kami juga akan menjaga dan merawatnya agar generasi yang akan datang faham dan mengerti bahwa negeri ini harus tetap aman dan damai sejati dalam bingkai kebhinekaan," jelas Gusmun. 

Ada yang berbeda dalam peringatan HSN 2022 ini, kata dia, yakni adanya perlombaan Hadhroh yang mengangkat tema 'Melestarikan karya karya ulama Purwakarta yang penomenal".  

Disebutkan Gusmun, salah satunya adalah karya ulama Purwakarta yaitu Nadloman Syi'iran karya Abah Cipulus 'Dawuh Nabi Dan ReugReug Tegak Dunja'. 

"Adapun kebahagiaan bagi kami dari panitia, bahwa karangan karangan dari para ulama tersebut menjadi spirit perjuangan dan ghiroh bagi generasi sekarang dan selanjutnya. Dengan cara merawat karya karya ulama tersebut, dengan sendirinya kami merawat sanad keilmuan guru guru kami, yang tidak akan terputus sampai kapanpun," tutur Gusmun. 

Diungkapkan Gusmun, terselenggaranya HSN 2022 di Kabupaten Purwakarta, berkat dukungan semua pihak mulai dari Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Polres Purwakarta, Kodim 0619/Purwakarta, pengurus PCNU Kabupaten Purwakarta dan Kemenag Kabupaten Purwakarta. Selain itu, seluruh jajaran pengurus MUI Kabupaten Purwakarta, DPRD Purwakarta, Baznas Purwakarta dan tentunya Masyarakat Kabupaten Purwakarta. 

"Kami mengucapkan banyak terimakasih yang tidak terhingga kepada semua pihak yang telah All Out mendukung terselenggaranya Kegiatan HSN Tingkat Kabupaten Purwakarta Tahun 2022," kata Gusmun.

Tak lupa, pihaknya juga ucapkan terima kasih kepada seluruh Komponen Warga Masyarakat Purwakarta dan segenap Ormas Keagamaan Muhamadiyah, Percis, PUI dan lain lain.

"Begitu pula ucapan terima kasih atas dukungan dari sahabat sahabat Agama Kristen Protestan, Kristen Katolik, Budha, Hindu dan Konghucu yang telah berkenan hadir pada puncak acara HSN 2022 ini. Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setiggi tingginya serta tidak mungkin saya lupakan, jujur saya berempati hanya ucapan terkasih yang tidak terhingga kepada semua rekan rekan panitia yang tidak mengenal lelah, sehingga peringatan HSN 202 di Kabupaten Purwakarta berjalan lancar dan meriah," tutur Gusmun. 

 

Editor : Iwan Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network