Gapura Tirta Rahayu Harus Bermetamorfosis Menjadi PDAM Modern

Tatang Budimansyah
Riana A. Wangsadiredja dipercaya menjadi Plt Dirut Perumdam GTR sejak 24 Oktober 2023. Dia berkomitmen untuk mewujudkan GTR menjadi perusahaan pengolahan air yang modern. foto: dokumentasi pribadi

iP: Misalnya?

RW: Untuk wilayah Wanayasa-Kiarapedes, terganggunya pasokan air karena faktor alam. Sebab, di wilayah ini kita mengandalkan sumber air dari sungai Cihanjawar dan Cisigung. Musim kemarau panjang sangat berpengaruh terhadap kondisi debit air.

Debit yang menurun, dengan sendirinya mengakibatkan aliran menjadi tak optimal. Padahal sumber air Cihanjawar bukan hanya dipasok untuk Wanayasa-Kiarapedes, tetapi juga untuk wilayah Bojong Darangdan. Kami gunakan dengan sistem bergilir. 

iP: Bagaimana mengatasinya?

RW: Kami akan memanfaatkan sumber air yang baru, yakni mata air Pemandian Kuda yang berada di Kecamatan Bojong. Saat ini sudah sampai ke tahap perencanaan dan persiapan. Sudah dilakukan feasibility study. Kita realisasikan pada 2025.

iP: Jadi nanti wilayah-wilayah tersebut mendapat tambahan debit air yang akhirnya tidak usah bergiliran lagi?

RW: Betul. 

iP: Terus, apa probem di wilayah Plered-Tegalwaru?

RW: Tak berbeda jauh dengan di Wanayasa dan Bojong. Di wilayah Plered-Tegalwaru, juga karena faktor alam. Kemarau membuat aliran air yang berasal dari sungai Ciwangun menjadi kecil.  Jumlah pelanggan di wilayah ini memang masih sedikit. Kurang dari seribu. Namun yang menarik, permintaan masyarakat untuk menjadi pelanggan sangat tinggi sebab umumnya mereka sudah susah jika memanfaatkan air tanah. Ini tantangan bagi kita.

Makanya kita berupaya mencari sumber air yang baru. Wilayah ini hanya perlu pengembangan. Instalasi masih layak dan bagus.

Editor : Iwan Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network